Kamis, 15 Oktober 2009

planet corot-7

Liputan6.com, Washington: Sudah sekitar 300 planet di luar sistem tata surya kita yang ditemukan para ilmuwan. Namun tak satu pun yang dapat dipijak. Mengapa? Lantaran semua planet tersebut adalah bola gas, bukan benda padat layaknya bumi. Baru-baru ini sejumlah ilmuwan menemukan planet yang terbentuk dari material padat. Temuan ini tentu istimewa, karena ditemukan di luar sistem tata surya kita. Apalagi ilmuwan cenderung berpendapat kehidupan harus dimulai dari planet yang dapat dipijak.

Meski demikian planet yang dinamai Corot-7b tersebut masih cukup panas untuk memulai suatu kehidupan. Suhu permukaan planet ini saja diperkirakan mencapai 3.600 derajat fahrenheit atau sekitar 1.982 derajat celsius. Panas bukan. Planet ini berotasi selama 22 jam dengan kecepatan mencapai 466.000 mph. Ilmuwan perlu berkali-kali untuk mengidentifikasi planet ini, sebelum memastikan materi padat yang dikandungnya. Corot-7b memiliki kesamaan dengan bumi. Besarnya hanya satu hingga dua kali ukuran bumi, meski masanya lebih besar lima kali masa bumi.

Seperti dilansir Associated Press, saat ini Corot-7b tengah mendekat dengan bintangnya. Ini makin memungkinkan para ilmuwan memastikan kondisi planet tersebut. Tentunya yang paling penting adalah kemungkinan adanya kehidupan di sana. Jika ada, berarti kita tidak sendirian di alam raya ini.(AND)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar